KABUMI: Belajar Reaksi Bunga Telang dan Bermain “Gobag Sodor”

Home / Blog / KABUMI: Belajar Reaksi Bunga Telang dan Bermain “Gobag Sodor”

Tak terasa, minggu ini adalah pertemuan Kabumi yang ke empat. Oh iya, Kabumi dilaksakanan seminggu sekali setiap hari Jumat pukul 14.30-16.30 WIB. Pada minggu sebelumnya anak-anak Kabumi telah belajar tentang vertikultur menggunakan gelas mineral bekas dan menyemainya dengan benih kangkung, selada, bayam, dan buncis.

Hal rutin yang dilakukan anak-anak sebelum melakukan kegiatan belajar inti adalah mengaji. Tujuannya tak lain untuk membiasakan anak-anak agar senantiasa mengingat Tuhannya di segala kondisi.

Tak kalah menyenangkan, minggu ini anak-anak belajar kimia sederhana mengenai reaksi bunga telang hasil kebun depan. Kegiatan ini dibimbing oleh Mbak Ida dari Tim R&D. Masih menggunakan botol air mineral bekas, anak-anak mulai menyeduh bunga telang kering dengan air hangat. Yang menjadi riuh, ketika warna air bunga telang berubah menjadi ungu (ada juga yang pink) setelah diberi air perasan jeruk nipis. Dan lucunya saat bibir-bibir mungil itu berubah membentuk “O” ketika mbak Ida menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan bermain permainan tradisional “Gobag Sodor” di halaman depan rumah tetangga :D. Sebuah permainan yang membutuhkan kelincahan, strategi, dan kekompakan tim. Selain murah, permainan ini tentu sangat menyehatkan. Tak ada kata lelah bagi anak-anak Kabumi saat bermain permainan yang menguras tenaga ini. Tak letih mereka tertawa, terkadang juga marah karena tim mereka kalah. Namun hal tersebut bukanlah masalah. Tetap bermain layaknya anak-anak seusianya. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.