KABUMI: Asyiknya Belajar Membuat Selai Markisa

Home / Blog / KABUMI: Asyiknya Belajar Membuat Selai Markisa

Bisa memasak sendiri sekaligus menikmati hasilnya memberikan kepuasan tersendiri bagi anak-anak KABUMI. Kemarin sore, kumpul KABUMI sangat seru! Diisi dengan kelas belajar membuat selai markisa. Menjadi sangat asyik karena ini adalah pengalaman pertama bagi mereka. Anak-anak dikenalkan membuat olahan pangan yang memanfaatkan hasil kebun sendiri. Buah markisa cukup melimpah di kebun kami dan sangat digemari anak-anak. Kemudian muncullah ide untuk mengenalkan membuat olahan pangan selai markisa yang lezat, sehat, dan bergizi.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok dengan campuran gula pasir dan kelompok lainnya campuran gula semut. Tujuannya mengenalkan gula semut yang lebih sehat daripada gula pasir. Betapa antusiasnya anak-anak saat mengeruk markisa, menambahkan gula dan air, mengaduk, hingga menunggu matang.  “Kapan dinginnya kak, perasaan sudah dari tadi?” tanya salah satu anak tak sabar mencicipi selainya yang sudah matang.

Sambil menunggu selainya dingin kegiatan KABUMI dilanjutkan mengenal pupuk berbahan alami. Anak-anak dikenalkan macam-macam pupuk alami seperti nutrisi lele, nutrisi sabut kelapa, nutrisi rebung pisang, pestisida, dan fungisida alami. Kemudian anak-anak praktik memupuk kacang panjang, terong, tomat, dan cabai di kebun depan menggunakan pupuk tersebut.

Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Yeeeaay, selainya sudah dingin dan siap dinikmati. Dengan lahap, anak-anak menikmati roti dan selainya tak bersisa.

Kami berharap anak-anak dapat mengenal potensi yang ada di desa mereka. Bisa merawat dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Oiya, kalau Sahabat tertarik menjadi relawan pengajar untuk anak-anak KABUMI, bisa klik link yang ada di bio ya. Bisa tentang banyak hak –tidak hanya tentang pertanian. Bisa tentang musik, sastra, seni rupa, teater atau hal yang menarik lainnya. Kami tunggu di KABUMI 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.