KABUMI: Belajar Mengeingkan Buah Menggunakan Rumah Surya

Home / Blog / KABUMI: Belajar Mengeingkan Buah Menggunakan Rumah Surya

Hari Jum’at telah datang kembali. Itu artinya menjadi hari kumpul anak-anak KABUMI. Kelas kemarin sangat seru dan asyik. Anak-anak belajar mengeringkan buah menggunakan “Solar Dryer”. Menariknya, kegitan ini atas inisiatif dari anak-anak KABUMI sendiri. Mereka penasaran dengan kakak-kakak divisi R&D yang pernah mengeringkan buah naga, kweni, salak, dll.

Sebelum kegiatan iris-mengiris dimulai, Kak Ida memberikan pengetahuan awal tentang pengeringan buah. “Emang buah kering bisa dimakan Kak?” tanya anak-anak penasaran. Kemudian Kak Ida menjelaskan, selain awet buah kering juga tetap bergizi. “Biasanya dikonsumsi sebagai pendamping granola juga,” tambah Kak Ida.

                      (Keasyikan anak-anak Kabumi mengiris buah)
                                    (Hasil karya anak-anak Kabumi)

Buah pisang dan tomat dipilih untuk kegiatan ini karena sedang sangat murah di Minggir. Terutama tomat yang hanya Rp 4.000/kg di tingkat pedagang pasar. Mulai dari mencuci, mengiris, menata satu persatu di rak, dan meletakkan irisan bauh ke Solar Dryer semua dilakukan anak-anak sangat antusias.

                             (Perjalanan irisan buah ke Solar Dryer)

Terlebih saat anak-anak masuk ke Solar Dryer. “Kak, ini apa kak? Kalau yang ini. Kalau yang ini?” tanya anak menunjuk bagian-bagian “Solar Dryer.” Dengan bahasa sederhana ala anak-anak, Kak Ida menjelaskan secara rinci bagian-bagian dan fungsi dari alat tersebut.

            (Intan, salah satu anak Kabumi belajar murotal Al-Qur’an)

Kegiatan selanjutnya ditutup dengan shalat ashar berjamaah dan sedikit belajar murotal Al-Qur’an. Tak hanya pandai IPTEK, semoga anak-anak Kabumi menjadi pribadi yang religius. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.