Learn from Your Food and Drink

Home / Blog / Learn from Your Food and Drink

Minggu 23 April 2017, Agradaya kedatangan 50-an anak-anak dari anggota Interact Rotary District 3410 Indonesia. Mereka belajar mengenal dari mana asalan makanan yang mereka konsumsi setiap harinya. Berinteraksi dengan para petani dan terlibat dalam kesibukan harian para petanu. Pagi hari berangkat bersama menuju lahan persawahan. Ikut menanam padi, membersihkan rumput, merawat dan memelihara tanaman hingga ikut panen cabai, tomat dan buncis. Menjelang siang anak-anak menuju rumah petani. Diajak terlibat untuk memberi makan kambing dan sapi, berkeliling pekarangan, mengambil ikan di kolam sampai dimasak bersama.

Di sore hari, anak-anak belajar membuat olahan pangan dari bahan lokal berupa tempe kedelai dan selai dari bahan buah markisa dan bunga rosella.

Dalam seharian berkegiatan dan berinteraksi langsung dengan petani, anak-anak menyadari panjangnya proses alur makanan dari ladang hingga terhidang di atas meja makan mereka. “Aku tidak akan menyia-nyiakan makananku lagi. Bapak petani sudah bekerja sangat keras, kepanasan tiap hari. Aku baru sebentar aja udah ga kuat.”

Terima kasih anak-anak telah berkunjung. Semoga kegiatan seharian kemarin, memberikan pembelajaran yang baik untuk kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.