fbpx
Blog Post

Perempuan dan Pandemi

Perempuan dan Pandemi

Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Ia berperan penting  untuk memutuskan keluarganya akan makan apa hari ini dan seterusnya. Apakah makanan yang ia pilih saat itu baik untuk dikonsumsi atau tidak untuk keluarganya. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pertimbangan yang secara sadar atau tidak sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan daya konsumsi keluarga.

Di saat seperti ini, perempuan-perempuan mulai berfikir lebih jauh tentang apa yang akan dikonsumsi oleh keluarganya. Ada banyak pilihan mengonsumsi suatu produk atau barang, mulai dari food artisan dan local producer setempat. Bukan hanya baik untuk tubuh, tetapi juga setiap transaksi pembelian yang dilakukan akan memberikan kelanjutan kehidupan untuk para pengrajinnya, keluarganya dan semakin banyak pula orang yang bisa terlibat dalam rantai bisnis tersebut..

Berikut ini tips-tips belanja dan mengamankan bahan baku di dapur selama masa pandemi .

  1. Memanfaatkan area atau lahan tidur di rumah

Jika teman-teman memiliki area tak terpakai di rumah, bisa mulai memanfaatkan lahan tersebut untuk bercocok tanam. Bisa dimulai dengan bahan makanan seperti sayur-mayur, empon-empon, dan beberapa herba dapur seperti kemangi, sereh, dan daun kari. Bisa juga menggunakan polybag atau pot kecil. Walau terlihat kecil dan sederhana, usaha ini cukup bermanfaat untuk pasokan bahan makanan di rumah. Walaupun tidak banyak, tetapi usaha ini cukup mampu membuat kita menghemat dan mandiri dalam mencukupi kebutuhan dapur Rumah tangga lho.

  1. Konsumsi produk lokal

Penggunaan produk lokal merupakan sebuah langkah yang perlu  dipertimbangkan untuk menjadi bagian dalam gaya hidup kita. Dalam masa pandemic ini, bisa sebagai waktu yang kita gunakan untuk pelan-pelan mengganti apa saja yang akan mengisi dapur kita dengan mempertimbangkan dampak jangka panjang. Biasanya juga apabila kita mengonsumsi produk lokal, harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau dan mengurangi jejak karbon yang kita sumbangkan. Pun, mengurangi konsumsi produk import juga bisa menjadi salah satu pertimbangan dan Langkah cermat yang kita ambil dalam masa pandemic seperti sekarang ini.

 

  1. Memenuhi kebutuhan rumah tanggamu dari warung

Di tengah pandemi ini, bisnis masih akan bisa bernafas untuk mereka pemain besar dengan segala strategi yang mereka siapkan. Namun, untuk usaha kecil dan warung yang ada di sekitar kita, bisa kita bantu dengan tetap berbelanja dan memastikan roda ekonominya berputar.

  1. Belanja sesuai kebutuhan

Membuat daftar belanjaan masih menjadi cara efektif untuk tidak kebablasan ketika belanja. Daftar belanjaan sangat diperlukan untuk  mengurangi lapar mata, dan juga kita tidak perlu membeli terlalu banyak atau  menimbun  barang. Karena masih banyak orang yang juga perlu barang yang sama. Sehingga apa yang kita beli dan kita butuhkan tetap seimbang dan mengurangi risiko terjadinya panic buying pada level masyarakat sosial.

  1. Memperhatikan barang yang kita konsumsi

Dalam situasi pandemi ini, tetap kurangi makanan highly procesed, lebih sering masak makanan real food di rumah untuk daya tahan tubuh. Pandemi saat ini mewajibkan kita untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik. Caranya salah satunya dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandug serat, vitamin, dan yang menguatkan imun tubuh. Sumber makanan yang baik bagi daya tahan tubuh biasanya bersumber pada real food yang baik untuk tubuh.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kita coba lakukan di Rumah masing-masing utnuk mengamankan pasokan bahan baku selama masa pandemic ini. Beberapa kebiasaan tentu saja sangat berdampak bagi kehidupan orang-orang di sekitar kita. Yuk, lebih bijak dan aware dalam memilih barang. Selamat mencoba…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Posts